Viral Kasus Diabetaes & Gagal Ginjal Pada Anak Karena Susu UHT

  • Aug 09, 2024
  • sugeng nur cahyono
  • Berita Desa

KIM Berita Desaku_id, Gunung Mulia - Tidak lama ini media sosial dihebohkan kasus gangguan ginjal pada anak hingga harus menjalani tindakan cuci darah banyak ditemukan di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta. Sebelum divonis gangguan ginjal, kebanyakan dari anak-anak yang dirawat di rumah sakit rujukan nasional ini banyak mengonsumsi minuman berpemanis dalam kemasan.

Pemerintah Desa Gunung Mulia setiap hari Jum'at membagikan makanan tambahan telur rebus dan susu UHT kepada dua sekolah TK yang ada di Desa Gunung Mulia. Pemerintah berharap dengan adanya tambahan makanan tambahan tersebut bisa meningkatkan gizi pada anak.

"Pada awal pembagian makanan tambahan pemerintah Desa memberikan susu UHT warna putih tetapi anak-anak TK banyak yang tidak suka dengan rasanya yang tidak manis, mereka reques rasa coklat dan strawberry karena lebih manis dan tidak bikin enek," tutur suex Kasi Kesra.

Kandungan gizi susu UHT, Energi total 90kkal, energi dari lemak 20kkal. % AKG: Lemak total 2.5g, lemak jenuh 1.5g, kolesterol <5mg, protein 4g, karbohidrat total 14g, gula 9g, natrium 30mg, kalium 200mg. Vitamin A 10%, vitamin C 4%, vitamin D3 15%, vitamin E 6%, vitamin B1 15%, vitamin B2 15%, vitamin B3 8%, vitamin B6 10%, vitamin B12 10%, kalsium 15%, zat besi 2%, magnesium 6%, fosfor 15%, selenium 6%.

Susu murni lebih baik diberikan pada anak bila tidak ada, berikan susu full cream, susu rasa coklat dan strawbery banyak kandungan gula sehingga tidak baik bagi kesehatan anak dimasa depan.