Banjir Masih Menghantui Desa Labangka Babulu

  • Aug 21, 2024
  • sugeng nur cahyono
  • Berita Kabupaten

KIM Berita Desaku_id, Babulu - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan puncak musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi di Bulan Juli dan Agustus 2024. Namun demikian, diketahui hujan masih sering terjadi di banyak wilayah di Indonesia.

Rabu 21 Agustus dibeberapa wilayah Kecamatan Babulu mengalami hujan deras dengan intensitas yang cukup lama sehingga ada beberapa wilayah yang mengalami banjir. Salah satu Desa yang mengalami banjir adalah Labangka yang berlokasi di aliran anak sungai RT 005. Wilayah ini merupakan lokasi langanan banjir, belum diketahui penyebab pasti mengapa wilayah sungai tersebut sering terjadi banjir bilat erjadi intensitas hujan deras. Dugaan sementara karena dibeberapa lokasi aliran sungai tersebut mengalami pendangkalan dan mendapat air kiriman dari beberapa wilayah sehingga kapasitas penampungan air melebihi kapasitas sungai sehingga menyebabkan banjir.

Masyarakat Desa Labangka berharap Pemerintah sesegera mungkin membantu mereka agar banjir di wilayah mereka kedepannya tidak terjadi lagi sebelum memasuki musim penghujan, karena dampak yang ditimbulkan akibat banjir bisa menyebabkan beberapa kerugian salah satunya adalah bisa menyebabkan gagal panen beberapa tanaman komoditas.