Kebun Sawit Warga Kelurahan Sotek di Rusak, Dugaan Karena Dendam

  • Sep 11, 2024
  • sugeng nur cahyono
  • Berita Kabupaten

Kim Berita Desaku_id, Sotek - Telah terjadi peristiwa perusakan kebun sawit warga Kelurahan Sotek untuk kedua kalinya, kali ini perusakan yang dilakukan hampir 40% pokok tanaman. 

Peristiwa ini diketahui saat bapak Arwan sapaan akrabnya hendak mau memanen sawit miliknya, saat sampainya di lokasi kebun yang berlokasi di jalan arah menuju Jalan Bongan Kutai Barat beliau langsung terkejut karena melihat sawit miliknya dirusak orang yang tidak dikenal. 

"Peristiwa ini sudah saya alami sudah yang kedua kalinya dan ini yang lebih parah pelaku sudah merusak kurang lebih hampir 40 sawit saya dan mengambil buahnya, pelaku memotong pelepahnya cukup banyak bahkan sawit yang sudah tinggipun juga di rusaknya," tuturnya saat kami melakukan wawancara. 

Sawit merupakan Komunitas perkebunan yang sangat berharga di Indonesia, dengan sawit para petani/pekebun mampu meningkatkan taraf hidup mereka menjadi lebih baik, mampu membeli mobil, mampu membeli tanah dan mampu menyekolahkan anak mereka sampai pendidikan tinggi. 

"Kebun sawit yang saya miliki adalah satu-satunya aset yang berharga untuk masa depan keluarga kami menjadi lebih baik, tapi saat ini yang terjadi dengan teganya orang yang tak bertanggung merusak kebun saya," tutur Bapak Arwan. 

Cara merawat dan memanen sawit tidak sembarangan agar hasil yang diperoleh  maksimal, salah satunya cara memotong pelepahnya bila pemotongan yang dilakukan tidak sesuai sawit akan mengalami stress dengan waktu yang cukup lama sehingga buah akan lambat bahkan bisa menyebabkan kematian.