PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARAM 1446

  • Jul 07, 2024
  • sugeng nur cahyono
  • Berita Desa

Gunung Mulia - Tahun baru Islam atau tahun baru Hijriah yang jatuh pada 1 Muharram merupakan momen spiritual dan istimewa bagi umat muslim. Salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan di momen ini yaitu memanjatkan doa awal dan akhir tahun baru Islam.

Tahun baru Islam adalah perayaan yang menandai awal tahun baru dalam kalender Hijriah. Tahun ini, 1 Muharam 1446 Hijriah bertepatan pada Minggu, 7 Juli 2024.

Dalam menyambut pergantian tahun, berdoa adalah bentuk amalan yang jangan sampai dilewatkan. Sebab Rasulullah Saw memberikan contoh doa yang bisa kita amalkan pada akhir dan awal tahun, yaitu dengan membaca do'a. 

Istilah suro yang telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya Jawa, berasal dari ‘asyura (bahasa Arab) yang berarti  kesepuluh (maksudnya tanggal 10 bulan suro). Istilah itu kemudian dijadikan sebagai bulan permulaan hitungan dalam takwim jawa. Sementara itu dalam Islam, istilah suro sebagaimana yang telah dipahami oleh mayoritas masyarakat Islam, adalah bulan MuharamMuharam adalah bulan yang telah lama dikenal sejak pra Islam. Kemudian di zaman Nabi hingga Umar Ibnu Khattab di resmikan sebagai penanggalan tetap Islam.

Pemerintah Desa Gunung Mulia pada tahun 2024 ini mengangkat kembali kebudayaan Jawa yang sudah mulai ditinggalkan oleh anak muda. Pada sabtu tannggal 6/7/2024 pemerintah Desa Gunung Mulia mengelar peringatan tahun baru islam 1446 H di Gedung serbaguna. 

Hadir tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua RT, anggota BPD, babinkantibnas, babinsa dan masyarakat dalam acara tersebut. Dalam sambutan Kepala Desa Gunung Mulia Bapak Nur jakem ingin ditahun yang akan datang acara peringatan ini kembali dilakukan untuk memperkenalkan kepada generasi muda agar tidak meninggalkan kebudayaan warisan Jawa dan dilanjutkan berdo'a bersama memanjatkan puji syukur kepada sang pencipta dan ditutup dengan makan bersama.