Penguatan Kompetensi Karang Taruna Penajam Paser Utara

  • Aug 01, 2024
  • sugeng nur cahyono

KIM berita desaku_id, Penajam Karang Taruna (KT) adalah organisasi sosial, wadah pengembangan generasi muda (GM) yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat.

Organisasi tersebut bergerak dalam bidang usaha kesejahteraan sosial, dan bidang-bidang yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan sosial. Dalam upaya pelaksanaan tugas Karang Taruna tersebut, Pemerintah telah memberikan ruang bagi organisasi kepemudaan ini untuk melakukan kerjasama dengan berbagai pihak sesuai ketentuan.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial Nomor 25 Tahun 2019 yang berbunyi Dalam Melaksanakan Tugas, Karang Taruna Bekerjasama dengan Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa atau Kelurahan, Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial, Badan Usaha atau Masyarakat..

Pada tanggal 1 Agustus 2024 Dinas Sosial Penajam Paser Utara mengundang rapat karang taruna se kabupaten penajam Paser utara untuk penguatan kompetensi karang taruna PPU, hadir pula narasumber dari Dinsos Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili oleh bapak Fadil Awar, SP.

Dalam penyampaian materinya tersebut beliau menyampaikan "agar karang taruna berjalan dengan baik ketua harus menyeleksi anggotanya yang tida aktif, ganti dengan yang baru agar keseimbangan kegiatan semua bidang sama rata sehingga program kerja karang taruna berjalan dengan baik," ujarnya saat menyampaikan materi pembekalan.

Selain memberikan pembekalan pada rapat tersebut juga dijadikan moment untuk melakukan pembentukan struktur karang taruna Kabupaten yang dipimpin langsung oleh ketua karang taruna Kabupaten yaitu bapak kansip, S.STP, M.Si, "karang taruna adalah pekerjaan sosial yang tida ada bayaranya, tapi kalian harus tetap bersemangat menciptakan pemuda Desa kalian menjadi lebih baik, saya berharap setiap Desa dan Kelurahan bisa mewakilkan anggotanya untuk bisa mengisi struktur karang taruna Kabupaten sehingga kekuatan karang taruna menjadi lebih kuat lagi," tuturnya.

Karang taruna adalah ujung tombak menciptakan genersi emas pemuda Indonesia di Desa dan Kelurahan, sehingga harus ada bimbingan yang baik oleh pemrntah pada pemuda agar mereka dimasa depan bisa membangun Desa. Ciri-ciri Desa itu maju salah satunya agaran Desa harus dibagi untuk peningkatan SDM, percuma Desa pembangunan baik tetapi masyarkat dan pemudanya miskin dan penganguran.