Penajam Paser Utara Tahun 2023 Masuk Klaster Kurang Inovatif

  • Aug 13, 2024
  • sugeng nur cahyono
  • Berita Kabupaten

KIM Berita Desaku_id, Penajam - Dalam mengelola sebuah negara, perlu sebuah gagasan-gagasan baru yang dapat menciptakan kemajuan daerah. Baik pemerintah maupun pihak swasta harus melakukan pengembangan gagasan-gagasan itu supaya ada inovasi yang tercipta. Dalam hal ini, bukan hanya pemerintah pusat yang harus berinovasi, melainkan juga pemerintah daerah.

Lomba Inovasi Daerah Penajam Paser Utara 2024 kembali digelar oleh BAPELITBANG PPU, Yang diikuti oleh 28 peserta pendaftar dari perangkat daerah, UMKM, dan masyarakat umum, lomba ini bertujuan untuk mendorong lahirnya inovasi baru yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pembangunan daerah di Penajam Paser Utara, yang saat ini merupakan penyangah Ibu Kota Negara (IKN).

BAPELITBANG memberikan bimtek kepada para peserta lomba pada Senin 12 Agustus yang berlokasi di Hotel Aqila yang dihadiri narasumber dari Kemendagri. Narasumber yang dihadirkan langsung dari Kemendagri bertujuan untuk memberikan gambaran seperti apa tahap-tahap mengikuti lomba inovasi Daerah dan apa saja yang menjadi penilaian dari dewan juri nantinya. 

Tahun 2023 Inovasi Penajam Paser Utara berada diposisi kelima di Provinsi Kalimantan Timur karena hanya dua OPD yang mengikuti perlombaan yaitu dari Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Lingkungan Hidup sehingga mendapat skor yang sedikit dan mendapat predikat kurang inovatif. 

"Kami berharap tahun 2025 Kabupaten Penajam Paser Utara predikatnya menjadi sangat inovatif karena didepan mata sudah ada Ibu Kota Negara (IKN) yang sangat membutuhkan Inovasi baru agar menjadi smart city, kunci suksesnya adalah dari komitmen dari pimpinan setiap OPD dan Istansi yang ingin selalu inisiatif menciptakan inovasi baru," tutur Narasumber dari Kemendagri. 

Keuntungan yang akan diperoleh bila Daerah mendapat predikat sangat inovatif adalah akan ada tambahan bantuan dari pemerintah pusat untuk OPD dan Istansi agar menambah sangat dan inovasi yang diciptakan bisa lebih baik lagi.