Monitoring dan Evaluasi PKK Kabupaten PPU Untuk Meningkatkan Penghasilan Keluarga UP2K Desa Gunung Mulia

  • Jul 24, 2024
  • sugeng nur cahyono
  • Berita Desa

KIM Berita Desaku_id, Gunung Mulia - Tahun 2024 kebutuhan pokok dan pajak mengalami peningkatan dan gaji tidak ada peningkatan, sehingga membuat perekonomian masyarakat Indonesia semakin sulit. 

Mencari nafkah memang merupakan kewajiban suami sebagai kepala keluarga. Allah SWT berfirman: “Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan). Dan karena mereka (laki-laki) menafkahkan sebagian harta mereka....” (QS An-Nisaa’: 34). Namun, tidak sedikit juga istri yang pada akhirnya membantu suami mencari nafkah. 

Mencari nafkah memang merupakan kewajiban suami sebagai kepala keluarga. Namun, tidak sedikit juga istri yang pada akhirnya membantu suami mencari nafkah.

Dalam kehidupan rumah tangga, pemenuhan hak dan kewajiban harus dipenuhi oleh pasangan suami istri. Sebab, keduanya memiliki tanggung jawab yang dipikul masing-masing, namun juga tidak melalaikan hak yang harus diberi pada setiap pasangan.

Sebenarnya, kewajiban memberi nafkah dalam keluarga ada pada pundak suami. Allah SWT berfirman: “Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan). Dan karena mereka (laki-laki) menafkahkan sebagian harta mereka....” (QS An-Nisaa’: 34).

Namun saat ini, perempuan dan laki-laki memiliki kedudukan yang sama dalam hal menuntut ilmu dan mencari nafkah. Tentu bukan hal yang aneh jika kaum hawa ikut serta dalam mencari nafkah. Ada beberapa alasan mengapa istri membantu suami mencari nafkah:

  • Ingin mengaplikasikan ilmu dan keahlian yang dimiliki, seperti menjadi dokter, guru, arsitek, pertanian, pertamanan, pertambangan, pilot, menjahit, dan lain sebagainya,
  • Ingin membantu perekonomian keluarga yang kurang bisa dicukupi jika hanya mengandalkan pendapatan dari suami,
  • Single parent, karena sudah bercerai dan harus hidupi anak-anak, atau cerai mati dari suami,
  • Suami terkena PHK, strees, atau sakit keras sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan rumahtangga,
  • Suami malas bekerja, hingga tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga.

Wah peran wanita sungguh sangat mulia ya sudah mengurus keluarga membantu mencari nafkah juga. Hadirnya PKK di organisasi Desa/kelurahan merupakan salah satu tugas pemerintah agar para ibu-ibu yang tergabung di PKK mempunyai skil untuk bisa meningkatkan Penghasilan keluarga. 

Selasa 24/07/2024 PKK Desa Gunung Mulia mendaptkan kunjungan monitoring dan evaluasi dari PKK Kabupaten Penajam Paser Utara. Pada Monitoring tersebut UP2K Desa Gunung Mulia mendapat apresiasi baik dari PKK Kabupaten PPU karena mereka sudah mempunyai berbagai jenis hasil produk olahan untuk menambah penghasilan keluarga. 

PKK Kabupaten PPU berharap UP2K Desa Gunung Mulia agar selalu konsisten dalam memperoduksi produknya agar pemerintah kedepan bisa memberikan bantuan kebutuhan produksi.