Lalulintas Babulu Rawan Untuk Anak Sekolah

  • Aug 15, 2024
  • sugeng nur cahyono
  • Berita Kabupaten

KIM Berita Desaku_id, Babulu - Sempat viral video seorang siswa SMAN 4 Babulu mengatur lalulintas saat jam pulang sekolah, banyak netizen yang memberikan apresiasi dan ada beragam komentar yang negatif diberikan. Tahun 2024 Kecamatan Babulu mengalami peningkatan populasi jumlah kendaraan akibat tidak adanya fasilitas kendaraan umum sehingga peningkatan populasi kendaraan tidak bisa dihindarkan dan penyumbang terbesar keramaian lalulintas pada pagi dan sore adalah Pelajar.

Rambu Lalulintas Untuk Sekolah di Jalan Poros Tidak Ada

Setiap pagi lalulintas di Kecamatan Babulu sangat ramai pengendara, dari kalangan pelajar ditambah kendaraan besar seperti truk dan masyarakat hendak kepasar. Ada 8 Sekolah di Babulu yang lokasinya dipingir jalan yang berada di area keramaian terlihat tidak adanya Sekolah tersebut memberikan traffic cone atau biasa disebut kerucut lalulintas yang bersifat sementara diletakkan di jalan.

  1. Kondisi lalulintas jalan masuk ke SD IT Babulu yang posisinya di samping Polsek Babulu terlihat tidak adanya Traffic Cone untuk menjaga kestabilan lalulintas.
  2. Kondisi lalulintas jalan masuk ke SMA 4 Babulu ada Traffic Cone tetapi milik kegiatan sumbangan masjid.
  3. Kondisi lalulintas jalan masuk ke SD 001 Babulu tidak ada Traffic Cone dan zebra cross
  4. Kondisi lalulintas jalan masuk ke SD 008 Babulu tidak ada Traffic Cone dan zebra cross
  5. Kondisi lalulintas jalan masuk ke SMK Muhamadiah Babulu tidak ada Traffic Cone dan zebra cross
  6. Kondisi lalulintas jalan masuk ke MTS Babulu tidak ada Traffic Cone dan zebra cros
  7. Kondisi lalulintas jalan ke SD 010 Babulu tidak ada Traffic Cone dan zebra cross
  8. Kondisi lalulintas jalan masuk ke Aliyah Babulu tidak ada Traffic cone

Babulu Butuh Keamanan Lalulintas Untuk Sekolah.

Zona Selamat Sekolah (ZoSS). Aturan ini pada dasarnya sudah lama diterapkan di sejumlah sekolah, khusunya bagi sekolah yang berdekatan dengan jalan raya. ZoSS yang dikeluarkan Pemerintah melalui Kementerian Dirjen Perhubungan Darat Nomor SK.1304/AJ.403/DJPD/2014 tentang Zona Selamat Sekolah (ZoSS) belum sepenuhnya ditberikan di beberapa sekolah yang lokasinya dipingir jalan. Perlu adanya komitmen pemerintah menyelesaikan agar keselamatan para pelajar terjaga. Juga butuh bantuan diberikan oleh kepolisian setempat dan satpam Sekolah untuk mengatur lalulintas pada Pagi dan Jam Pulang Sekolah.