GERAKAN INFAQ BERAS PPU BERBAGI KEBAHAGIAAN HARI RAYA IDUL ADHA 1445 H

  • Jun 18, 2024
  • sugeng nur cahyono
  • Berita Kabupaten

Berkurban menjadi salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk mendekatkan diri lagi kepada Allah SWT dan mensucikan harta. Namun ternyata, hikmah qurban bukan hanya untuk mensucikan harta dan mendekatkan diri kepada Allah SWT saja.

Sejak tanggal 10 Dzulhijjah, umat Islam di Mekah melangsungkan rangkaian ibadah haji. Sementara umat Islam di belahan dunia lainnya melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan menyembelih hewan kurban.

Pengertian qurban sendiri erat kaitannya dengan belajar ikhlas dan bersyukur dengan mengeluarkan harta kekayaan milik pribadi untuk disedekahkan dalam bentuk hewan kurban.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang mendapatkan dirinya dalam keadaan lapang, lalu Ia tidak berkurban, maka janganlah Ia mendekat ke tempat shalat Ied kami,” (HR.Ahmad & Ibnu Majah).

Sejalan dengan itu, maka dengan berkurban Anda semakin dekat dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Dalam surat Al-Hajj ayat ke-37 yang artinya:

“Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaanmu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Berilah kabar gembira kepada orang-orang yang muhsin,” (QS. Al Hajj : 37).

Pada Selasa 18 Juni 2024 Gerakan Infaq Beras dan Pasukan Amal Saleh (PASKAS) Penajam Paser Utara melakukan Qurban di Ponpes Usman Bin Affan Kecamatan Babulu. Daging qurban selanjutnya akan di bagikan ke Ponpes dan Panti Asuhan agar mereka semua mendapat kebahagiaan hari Raya Idul Adha 1445 H.