Kelompok Pelestari Musik Tradisional Jawa

  • Aug 07, 2024
  • Kesenian

Hampir 80% penduduk Desa Gunung Mulia adalah suku Jawa, sehingga budaya yang berasal dari Jawa dibawa ke Desa untuk melestarikan warisan budaya Jawa. 

Meski saat ini musik modern sudah sangat gencar digaungkan gen z, tetapi alat musik tradisional masih punya tempat menjadi musik favorit. Salah satu strategi yang dilakukan musisi tradisional agar tetap eksis mereka melakukan kolaborasi dengan alat musik tradisional sehingga menciptakan nada yang membuat gen z sangat tertarik untuk melestarikan kesenian Jawa tersebut. 

Dalam upaya melestarikan budaya dan kesenian Jawa di Desa Gunung Mulia ada sekelompok musisi yang masih konsisten hingga saat ini melakukan latihan menggunakan alat musik tradisional. 

Mereka punya harapan besar agar generasi muda Desa dimasa depan tidak melupakan alat musik tradisional dan mau melestarikan. 

"Jangan takut meneruskan warisan leluhur di jaman yang modern, selain sebagai hiburan kesenian tradisional Jawa mengandung cerita sejarah Nusantara yang wajib dipelajari oleh generasi muda, musik tradisional bisa go Internasional juga," tutur Bapak Muhari ketua musisi tradisional Jawa Desa Gunung Mulia. 

Kelompok kesenian tradisional Jawa terbuka bagi siapa saja yang mau belajar mereka siap membantu mengajari para masayarakat dan pemuda, dengan harapan agar kesenian tersebut tetap eksisi.