Generasi Muda Desa Pelopor Kesenian Kuda Lumping

  • Jul 31, 2024
  • Kesenian

Latihan kesenian kuda lumping bersama pemuda Desa Gunung Mulia di rumah ketua RT 011 . Foto : Sugeng N.C

Kim berita desaku_id, Gunung Mulia - Kesenian kuda lumping merupakan kesenian paling populer di Kecamatan Babulu dan salah satu Desa ramai pengemar kesenian ini adalah Gunung Mulia. 

Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak bila salah satu warga  melakukan pesta pernikahan menampilkan hiburan kesenian kuda lumping akan dipastikan penontonya sangat meriah sehingga membuat para pelaku UMKM sangat tertarik untuk menjajakan dagangannya. 

Karena hobi menyaksikan kesenian tersebutlah membuat ketua RT 011 Desa Gunung Mulia berani mencoba menjadi pelopor pemuda yang melestarikan kesenian kuda lumping. 

Selain menjadi ketua RT bapak Andika merupakan guru di SMPN 3 Babulu sehingga banyak binaannya berasal dari anak didiknya tersebut. Salah satu pemain alat musik merupakan adik kandungnya yang aktif mengikuti grup kesenian kuda lumping diluar Desa. 

"Adik saya saat ini mengiat seni aktif dan hobi saya menyaksikan kesenian kenapa tidak kami mencoba untuk mandiri memulai menjadi pelopor pemuda Desa di Bidang kesenian kuda lumping, kita mempunyai SDM  pemuda dan pemudi yang banyak pencinta seni, kenapa tidak kita membuat paguyuban kesenian kuda lumping sendiri," ucapnya. 

Kesenian kuda lumping tidak menjadi sekedar hobi tapi juga bisa mendatangkan rejeki, saat ini pengiat kesenian kuda lumping di wilayah babulu bisa dihitung dengan jari dan semakin menurun karena pemuda yang banyak yang gengsi menjadi pelaku kesenian tersebut, sehingga ini merupakan sebuah peluang bagi mereka. 

Tarif pergelaran kesenian kuda lumping  bisa mengantongi jutaan rupian ditambah dengan saweran, sehingga ini akan menjadi motovasi para pemuda bahwa hobi kesenian mereka diharga dengan cukup mahal. 

"Semua butuh proses karena modal awal yang dikeluarkan tidak sedikit tetapi aset ini mampu bertahan lama sehingga kesenian memiliki banyak keuntungan, kami optimis kesenian kami akan dikenal orang bila kami konsisten untuk terus belajar memperbaiki kesalahan saat latihan harapan kami butuh dukungan dari pemerintah Desa, kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi untuk membantu kami agar anak muda cinta seni dan kesenian kuda lumping terus dilestarikan," ucapnya. 

Paguyuban kuda lumping Desa Gunung Mulia melakukan latihan rutin setiap malam rabu di rumah kediaman bapak Andika ketua RT 011 Dusun Sumber Makmur samping Pasar Minggu. Bagi warga yang mau menyaksikan dan ikut gabung dipersilahkan dengan syarat dan ketentuan paguyuban yang sudah ditentukan.